Penggunaan Who, Whom dan Whose Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Who, Whom dan Whose Dalam Bahasa Inggris

Diantara bahasa asing di dunia ini, bahasa inggris adalah bahasa yang wajib untuk di miliki oleh temen-temen yang ingin bepergian ke tempat lain ( luar negeri ), Mengapa demikian ? karena bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak di gunakan di dunia saat ini, bayangkan kalo temen-temen tidak bisa bahasa inggris, wah .. pasti bingung dan kacau, mau berkomunikasi pasti belibet dan bingung bangetkan.

pengunaan who whom dan whose

Nah,dalam bahasa inggris itu ada istilah yang namanya GRAMMAR, kalo dalam bahasa indonesia biasa di sebut aturan tata bahasa.

Grammar bisa di bilang penting atau tidak tergantung situasi dan kondisi. Grammar, jadi penting kalo temen-temen sedang membuat sebuah dokumen contohnya.

Kalo untuk sekedar ngomong sehari-hari temen-temen bisa ngilangin aturan grammar , karena memang untuk ngomong hanya perlu mengerti antara orang satu dengan yang lainnya.

Walaupun tidak sebegitu penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi temen-temen perlu mengerti beberapa istilah grammar yang cukup penting yang akan kita bahas kali ini yaitu Penggunaan Who, Whom dan Whose dalam bahasa inggris.

1.) Who

Yang pertama dan yang paling sering di gunakan adalah who. Who digunakan untuk menjelaskan siapa yang melakukan pekerjaan ( Subjek ).

Contoh :

”  Who made the birthday cake ?( Siapa yang telah membuat kue ulangtahun itu ? )

Who is in the bathroom ?( Siapa yang ada di dalam kamar mandi ? ) 

Who is going to the market this afternoon ?( Siapa yang akan pergi ke ke pasar sore ini ? )

Nah, dalam contoh2 di atas kita tahu bahwa, jika jawaban dari pertanyaan berupa He/She/It/I/You/We/They ( Subject pronun ), Maka, kata pertanyaan yang tepat adalah pakai Who.

 

2.) Whom

yang kedua adalah whom, Whom merupakan kata yang sering sekali tertukar dengan who. Whom digunakan untuk menjelaskan objek, kata whom sendiri dipakai ketika jawaban dari pertanyaan nya adalah him/her/it/me/you/us/them ( object pronun ).

Contoh :

Whom are going to ask to Mary’s party this evening ? ”  ( Siapa yang akan di tanya di pestanya mary malam ini ? ) 

Whom did they choose as a team leader ?( Siapa yang mereka pilih sebagai pemimpin team )

Whom did he blame for the accident ?( Siapa yang dia salahkan atas insiden ini ? )

 

3. ) Whose

Relative pronun yang terakhir adalah Whose. Whose sendiri cukup mudah, kata ini di gunakan untuk menjelaskan tentang kepunyaan ( possession ).

Ketika jawabannya adalah his/hers/its/mine/yours/our/their ( possesive pronun ),maka pertanyaan yang tepat yang seharusnya kita gunakan adalah whose.

Contoh :

Whose bag is this ? ( Tas siapa ini ? )

Whose cell phone keeps ringing ? ” ( Ponses siapa yang terus berdering ? )

Whose dog is barking outside ?( Anjing siapa yang menggonggong di luar ? )

Selain whose, ada juga who’s. Who’s sendiri merupakan bentuk yang lebih singkat dari “Who is”, pengucapannya hampir sama, walaupun hampir sama hmm .. jangan sampai tertukar lagi ya guys.. ^_^

Sekian, tips grammar kita kali ini .. semoga bermanfaat, selamat belajar ..

#MRBOBSUPERSERU

Baca Juga :

Tips Jitu Persiapan Job Interview

Penggunaan In, On dan At Pada Waktu

admin

Read Previous

PROMO SPESIAL!! HUT RI ke-74 di Mr.BOB Kampung Inggris

Read Next

Mr.BOB Bikin Aku PD – Rahayu Pangestu Aprilia ( Bandung )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *